https://www.blogger.com/blog/page/edit/preview/3813977307457974183/8593388272547024153

16 November 2014

Doa dan Manfaatnya

Doa adalah ibadah, ibadah kepada Sang Illahi Robbi yakni Allah SWT. Selain ibadah, doa merupakan senjata bagi Umat islam. selain umat islam ada pula doa yang di bacakan oleh agama lain, seperti katholik, protestan, dan lain sebagainya,

Doa dan Manfaatnya
http://inspirasi2lisan.blogspot.com/


di artikel ini saya akan membahas tentang doa bagi agama islam.
"Doa itu adalah otaknya ibadah" (H.R. Ibnu Hibban dan Tirmidzi).
Sebagaimana ibadah yang lain seperti shalat, puasa, zakat, belajar, berbakti kepada kedua orang tua, berdoa pun memiliki nilai pahala jika dikerjakan.Apalagi berdoa bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Setiap aktivitas yang kamu awali dan akhiri dengan doa akan memiliki nilai lebih dimata Allah SWT. misalnya saat kamu makan, tidak membutuhkan waktu dan tenaga bayak untuk mengucapkan kalimat Basmallah. Dengan Basmalah makananmu menjadi berkah dunia maupun di akhirat dibanding makanan yang dimakan tanpa doa.

Berikut adalah manfaat dari doa:
1. Doa menghindari dari murka Allah SWT.
Orang sombong adalah orang yang menganggap dirinya paling hebat dan bisa melakukan segala hal tanpa perlu pertolongan dari Allah. Seperti kesombongannya Fir'aun yang menganggap dirinya tuhan dan memerintahkansemua orang untuk tunduk kepadanya. Padahal ia hanyalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang lemah tak berdaya. Akibat kesombongannya, Fir'aun ditenggelamkan bersama pasukannya di Laut Merah.

2. Doa adalah hal yang disukai Allah SWT.
Yakinlah bahwa Allah SWT akat mengabulkan semua permohonanmu. Namun bila apa yang kamu minta tak kunjung datang, maka bersabarlah. Mungkin Allah menundanya sampai waktunya tepat untuk dikabulkan. Kaerna berdoa seperti menabur biji tanaman. Perlu waktu untuk tumbuh dan berbuah hingga tiba saat panen kemudian dinikmati hasilnya.
atau bila terkabulkan juga, kamu tetap akan mendapat pahala dari doamu dan menggantikan permohonanmu sengan sesuatu yang lebih baik lagi. Karena belum tentu apa yang kamu mohonkan adalah baik bagimu. Hanya Allah yang Maha Tau dan Selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya.sebagaimana dalam Al-Qur'an Surat Al-baqarah : 216 dan An-Nisaa : 19. Jadi tidak ada alasan bagimu untuk berputus asa dalam berdoa, karena hasil dari doa selalu berujung pada kebaikan, Insya Allah.

3. Doa mengatasi segala kesulitan.
Derdoa adalah ibadah yang sangat mudah jika kamu menyadari bahwa tiada tempat bergantung dan disembah serta dimintai pertolongan kecuali hanya kepada Allah semata. Dengan demikian, berdoa merupakan kebutuhan mutlak bagimu agar allah meridhoi dan melancarkan segala urusanmu.Selain itu ada pula waktu-waktu yang Allah khususkan bagi hamba-Nya yang ingin doanya dikabulkan, antara lain:
a) Waktu tengah malam atau akhir malam.
b) Setelah shalat fardhu
c) Diwaktu sujud
d) Pada hari jum'at
e) Antara Adzan dan Iqomah.

No comments:

Post a Comment