https://www.blogger.com/blog/page/edit/preview/3813977307457974183/8593388272547024153

18 November 2014

Cara Agar Doamu Dikabul

Diartikel ini saya membahas tentang cara agar doa kita dikabul oleh Allah.Doa akan tidak terkabul jika kita melakukan maksiat terus, makanya setiap kita berdoa, doa tersebut tidak dikabulkan. Misalnya kita terus berdoa tapi kita berjudi, berzina, dan lain sebagainya.
Menengadahkan kedua telapak tangan

Berikut cara agar doa kita dikabul oleh Allah SWT.

1. Mengawali Dengan Asma'ul Husna
Asma'ul husna adalah nama nama Allah yang terbaik dari segala sesuatu yang paling baik. Menyebut Asmaul husna berarti menyanjung Allah SWT sekaligus pengakuan bahwa dialah maha sempurna, pencipta dan penguasa alam semesta dan seisinya. Dengan menyanjung-nya, jalan untuk terkabulnya doamu akan terbuka lebar.
2. Diawali dengan kalimat Tauhid
“barang siapa yang berdoa dengan kalimat yang lima, permitaannya akan diberi. Kalimat lima itu adalah: 
  • Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbaru
  • Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariika lahu
  • Lahul mulku walahul hamdu
  • Wa hawa ‘alaa kulli syai-in qodiirun
  • Laa ilaaha illallaahu wa laa haula wa laa quwwata illa billah
3. Diawali dengan “ya dzal jalaali wal ikhraam
dzal jalaali wal ikhraam artinya Maha mulia dan maha luhur adalah pujian yang paling agung dan sangat tinggi kepada Allah SWT sehingga Rasulullah pun memperbanyak menyebutnya ketika berdoa karena akan membantu terkabulnya doa.
4. Diawali dengan Arhamar Rahimin
“sesungguhnya Allah mempunyai malaikat yang mewakilinya bagi barangsiapa yang berdoa dengan berkata : “ya arhamar rahimin”. Maka siapa saja yang menyebutnya tiga kali, maka menjawablah malaikat itu : “Sesungguhnya Allah arhamurrahimiin telah berkenan mengabulkan permohonanmu. Maka mintalah kepadanya.” (H.R. Hakim )
5. Diawali dengan Hamdalah dan Shalawat
Kalimat hamdAllah yaitu Alhamdulillaahirabbil’alamiin termasuk puji-pujian kepada Allah yang akan membuat terkabulnya doa. Sedangkan shalawat merupakan bukti kecintaanmu kepada Rasulullah yang begitu mulia akhlaknya, serta pembuka pintu penghalangnya doa.
Dalam hadist shahih, Rasulullah bersabda : “barang siapa yang membaca shalawat sekali untukku, maka Allah akan memberinya balasan dengan sepuluh kali”.
6. Berdoa dengan rendah hati dan suara lembut
“berdoalah kepada tuhanmu dengan rendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”. (Q.S. Al-A’raf : 55)
Ada tiga kalimat kunci yang harus kamu ketahui didalam ayat diatas yaitu :
a)      Rendah diri
Dalam doa tersebut seorang hamba mengakui dan mengadukan semua kelemahan dan kekurangan dirinya.
b)      Suara yang lembut
Tidak perlu mengeraskan suara saat berdoa karena Allah maha mendengar lagi maha mengetahui apa yang terlintas dihatimu.
c)       Tidak melampaui batas

7. Menengadahkan kedua telapak tangan
Menengadahkan kedua telapak tangan menunjukan betapa butuhnya seorang hamba kepada Allah. Rasulullah pernah mengangkat kedua tanganya sampai terlihat ketiaknya yang putih saat terdesak di perang badar. Hal ini beliau lakukan karena benar-benar memohon dengan sangat kepada Allah agar kaum muslimin dimenangkan dari kaum musyrikin quraisy. Allah pun mengabulkan doa beliau.
8. Berdoa dalam keadaan suci dan menghadap kiblat
Berdoa adalah ibadah yang sangat mudah dan dappat dilakukan kapan pun dan dimanapun jika kamu mau. Namun alangkah baiknya jika kamu berdoa, setelah berwudhu dan menghadap kiblat seperti yang dilakukan Rasulullah SAW pada saat perang badar, beliau berdoa sambil menghadap kiblat begitu pula saat memanjatkan doa minta hujan untuk orang arab badui. Namun tidak berdosa jika kamu berdoa dalam keadaan tidak memiliki wudhu dan tidak menghadap kiblat, karena Rasulullah pun pernah melakukan hal tersebut.

No comments:

Post a Comment