https://www.blogger.com/blog/page/edit/preview/3813977307457974183/8593388272547024153

07 November 2014

6 Cara Untuk Hidup Sehat Setiap Hari

Hidup sehat adalah sesuatu hal yang diinginkan oleh setiap orang dari bayi yang baru lahir bahkan masih didalam kandungan sampai kepada orang yang sudah lansia (lanjut usia). sehat itu penting bagi kehidupan, karena kesehatan itu adalah awal untuk melakukan aktivitas.

makanan sehat
sumber : http://vafoodbanks.org/


cara yang mudah untuk menjaga kesehatan bisa kita lakukan dengan cara :
1. Olahraga
 olahraga yang paling ringan adalah lari santai pada pagi hari, kira-kira 15 menit bisa kita lakukan untuk lari pagi. olahraga ini penting bagi tubuh, bahkan bisa membuat tubuh kita sehat, bugar, dan kekar.

2. Makanan yang bergizi
makanan adalah sumber yang paling dibutuhkan oleh tubuh karena makanan adalah sumber energi utama yang diperlukan tubuh. banyak bermacam-macan zat yang terkadung dalam makanan misalnya; protein, karbohidrat, lemak, kalsium, vitamin. walaupun begitu jangan terlalu mengonsumsi makanan secara berlebihan karena bisa menyebabkan penyakit bagi tubuh.

makanan bergizi bisa kita dapat dengan mudah kita cari pada zaman sekarang ini, sepeti nasi, gandum dan sereal yang banyak mengandung banyak karbohidrat.

3. Mengkonsumi Buah dan Sayur
selain makanan yang bergizi, adapula buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. adapun vitamin tersebut ialah; vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. macam-macam buah dan sayur yang mengandung vitamin diantaranya adalah :
  • Vitamin A, misalnya wortel, Apel, betakaroten, dsb
  • Vitamin C, misalnya jeruk, cabai, tomat, dsb
  • Vitamin D, misalnya jamur, kedelai, tiram, susu dsb
  • Vitamin E, misalnya kacang-kacangan, bayam, pepaya, dsb
  • Vitamin K, misalnya rempah-rempah, ketimun, daun bawang merah, dsb
4. Mengkonsumsi suplemen susu dan madu
susu sangat baik bagi tubuh karena didalam susu terdapat kalsium yang berfungsi untuk tulang dan gigi. selain susu ada pula madu yang baik untuk antibodi agar tidak mudah terserang penyakit.

5. Pola Makan
pola makan harus kita atur dengan baik, program yang paling baik adalah makan 3 kali sehari, dan makan pula ada aturannya, yaitu makanlah sebelum lapar dan berhenitlah sebelum kenyang dan jangan makan secara berlebihan karena tidak baik bagi tubuh.

6. Pola Tidur (istirahat)
selain pola makan, adapula yang harus kita perhatikan yaitu pola tidur. tidur juga penting bagi tubuh, tidur berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktifitas. minimal waktu tidur yaitu 5 jam bagi orang dewasa dan 7-8 jam bagi anak-anak. tidur juga jangan terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan tubuh menjadi sakit seperti obesitas, bahkan bisa mengakibatkan stroke.

tidur yang baik adalah tidur yang tanpa ada gangguan apapun seperti suara, cahaya, dan alat komunikasi karena membuat tubuh kita masih beraktifitas misalnya cahaya bisa mempengaruhi otak kita sehingga tidur kita tidak berkualitas dan tidak lelap.

itulah 6 tips sederhana dalam menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar dan sehat.
semoga bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment